Kampus Universitas Indonesia -UI, Lokasi strategis Liburan Tahun Baru Anda


Tahun baru 2013 telah di depan mata. Saatnya memulai aktivitas berlibur panjang di pagi hari yang cerah di tahun Baru ini. Bagi seorang karyawan swasta maupun negeri biasanya moment-moment seperti tahun baru biasa dijadikan sebagai ajang berekreasi keluarga ke tempat-tempat wisata. Sebagian orang berlibur ke luar kota, seperti daerah pesisir pantai, gunung, maupun arena hiburan lainnya. Namun, bagi yang tidak terlalu suka merogoh kocek terlalu dalam bisa mencari tempat liburan alternatif.

Misalnya saya seorang karyawan yang mengadu nasib di Jakarta, tentu harus merencanakan waktu libur dengan matang karena jika tidak saya akan berhadapan dengan dilema waktu kerja di kantor yang super ketat dan pengeluaran budget yang tidak sedikit.

Nah, kali ini saya ingin berbagi informasi bagaimana agar waktu libur Anda tidak terbuang sia-sia karena kesalahan dalam mengelola waktu libur tahun baru. Saya menyarankan agar menggunakan waktu libur tahun baru Anda dengan aktivitas yang tidak terlalu membuang dana. Ada banyak cara yang bisa Anda lalukan untuk berlibur di tempat yang nyaman. Salah satunya adalah berkunjung ke taman kota atau kampus hijau.

Di daerah Jakarta dan sekitarnya, seperti Depok masih banyak ditemukan arena wisata menarik dan murah. Saya sendiri lebih memilih tempat yang relatif terjangkau dari segi waktu dan biaya. Salah satu tempat favorit yang paling sering saya kunjungi yaitu Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok. di Kampus tersebut menawarkan beberapa lokasi yang cukup nyaman untuk melepas penat. Lingkungan yang asri nan hijau, terbebas dari polusi udara dan suara menjadikan lingkungan kampus Universitas Indonesia semakin diminati setiap orang, khususnya warga Depok. Dalam setiap pekannya, banyak warga Depok dan sekitarnya berbondong-bondong mengunjungi tempat tersebut.

Kampus Universitas Indonesia  -UI, Lokasi strategis Liburan Tahun Baru Anda

Berbeda dengan liburan panjang akhir tahun ini. Justru banyak warga Depok dan sekitarnya lebih memilih berlibur di luar kita. Walhasil, kampus UI yang biasa ramai dikunjungi warga kini terlihat cukup lengang. Ini kesempatan emas bagi saya untuk mengambil moment penting waktu liburan berada di lokasi tersebut dengan berfoto ria bersama keluarga atau men-shoot tempat-tempat menarik di sekitar kampus.

Salah satu tempat menarik di UI untuk dikunjungi adalah jembaran Teksas. Jembatan Teksas merupakan salah satu jembatan yang berada di lingkungan Universitas Indonesia. Jembatan ini dibangun selama 4 bulan dengan menghabiskan biaya Rp 4 miliar. Jembatan ini membentang di atas Danau mahoni dan menghubungkan dua fakultas, yaitu Fakultas Teknik (FT) danFakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) yang dulu bernama Fakultas Sastra. Karena menghubungkan dua fakultas tersebut, jembatan ini disebut Jembatan Teksas (Teknik-Sastra).

Kampus Universitas Indonesia  -UI, Lokasi strategis Liburan Tahun Baru Anda

Jembatan yang memiliki panjang 80 meter ini, mempunyai desain yang unik dan filosofis. Jembatan teksas sengaja dibuat berbentuk lengkungan, dengan kombinasi 7 box segmen baja dan sekitar 30 atap sunroof berbentuk riak gelombang yang seluruhnya menggunakan material baja tahan karat cuaca (BTKC) produksi PT Krakatau Steel (KS). Kedua ujung jembatan tersebut disangga dua pilar dengan bentuk yang berbeda. Disisi Timur, pilon berwarna kuning dengan bentuk pinggul setinggi 15 meter. Pilon ini disebut pilon Yoni, berbatasan dengan FIB. Sedangkan disisi satunya, pilon kuning dengan betuk layar setinggi 25 meter. Pilon ini disebut Lingga. Desain Jembatan Teksas UI ini mempunyai makna filosofis yang dalam tentang ilmu pengetahuan. Atap sunroof yang berbentuk riak gelombang berwarna biru menggambarkan dalamnya lautan ilmu pengetahuan. Pilon Lingga berbentuk layar menggambarkan sisi maskulin dari FT dengan sifat ipteknya yang hard science sedangkan pilon Yoni berbentuk pinggul yang menggambarkan sisi feminin FIB dengan sifat ipteknya yang soft science. Sementara pemilihan warna merah dan hitam merupakan warna khas PT Krakatau Steel, dan kuning warna khas UI. Jembatan yang merupakan hibah dari PT Krakatau Steel sepenuhnya ini, memiliki keunikan lain. Keunikan yang dimaksud adalah jembatan tersebut terdiri dari struktur 7 box segmen yang disatukan. Ketujuh segmen tersebut tepat tersambung pada 7 Juli 2007 (7/7/7) pukul 07.00 WIB. Dengan struktur dan desain demikian, jembatan Teksas dapat bertahan hingga 100 tahun ke depan kecuali kalau ada gempa.

Lokasi berikutnya di Kampus Universitas Indonesia (UI) yang tidak kalah menarik adalah Perpustakaan Universitas Indonesia atau dikenal juga dengan Gedung The Crystal of Knowledge.  Gedung unik yang menghadap ke danau hijau nan asri tersebut berdiri kokoh dengan bagian dinding belakang gedung dihiasi rerumputan hijau dengan kontur tanah berundak-undak.  Di depannya, terdapat pepohonan tua yang rimbun yang menambah kesan hijau. Sementara di belakangnya terdapat taman hijau asri yang dipenuhi bunga-bunga dan pepohonan rimbun. Jika Anda melewati gedung tersebut, semilir angin akan menyapa Anda yang membuat suasana begitu nyaman.

Selain itu, ada Science Park UI + Gedung Rektorat Universitas Indonesia dan Masjid Ukhuwah Islamiyah yang menambah kesan asri di kampus hijau Universitas Indonesia . Anda bisa menjungi tempat-tempat tersebut pada waktu-waktu tertentu di saat kampus tersebut libur atau weekend dan tahun baru. Sebab, jika pada hari-hari biasa banyak mahasiswa maupun dosen yang sedang beraktivitas kuliah.


Jadi, rencanakan waktu libur Anda dengan bijak jangan sampai  waktu Anda terbuang sia-sia karena harus memaksakan diri berlibur ke luar kota. Pada akhirnya Anda terjebak dengan kemacetan dan tidak mendapatkan waktu  liburan yang berkesan.

Semoga informasi di atas membantu Anda. Keep smile :) by Demokoo

Posting Komentar

0 Komentar